DETOKSIFIKASI DENGAN BUAH DAN AYUR

  • by

Sumber Gambar: http://www.prosesdetox.com/cara-detoksifikasi-tubuh-dengan-diet-jus-buah-dan-sayur/

A. Pengetian Detoksifikasi
          Detoksifikasi sendiri berasal dari kata de- yang berarti keluar dan tox- yang berarti racun. Sehingga detoksifikasi tubuh mengandung arti proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Istilah detiksifikasi sendiri sudah umum di gunakan dalam berbagai hal kesehatan. Detoksifikasi di gunakan dalam obat herbal, kecantikan, makanan ataupun pijat detoksifikasi.
         Detoksifikasi merupakan proses alami. Proses alami tersebut terjadi dengan sendirinya pada tubuh manusia. Hal ini di lakukan agar proses pencernaan, penyerapan, pemanfataan, dan eliminasi makanan dapat berjalan dengan normal.
B. Manfaat Detiksifikasi

  1. Meremajakan sel-sel kulit sehingga menjadi bersih dan sehat
  2. Menurunkan dan menjaga berat badan
  3. Meningkatkan energi positif
  4. Menurunkan kadar gula dalam darahdan menjaganya agr tetap stabil
  5. Memperbaiki daya ingat
  6. Menghilangkan sakit kepala, alergi dan kembung
  7. Regenerasi sel-sel tubuh tang rusak
  8. Membuat dan menjaga agar awet muda
  9. memperbaiki fungsi hati dan ginjal
  10. melanjarkan prendarah-darah
  11. meningkatkan daya tahuan tubuh
  12. mrnghilangkan peradangan pada kelenjar getah bening
C. Detoksifikasi dengan Buah
          1. Pisang 
                  Buah pisang merupakan buah yang umum di konsumsi oleh semua kalangan. Selain      mudah di dapat, harga di pasaran mudah terjangkau. Apalagi jika tinggal di perdesaan, buah ini  hampir tumbuh di kebun-kebun masyarakat
                Kandungan buah ini cukup banyak, yaitu vitamin A, B, B1, B2, B6, B12, D, Z, kalsium,  besi, ofsor, sodium, kalium, magnesium, seng dan tentu saja mengandung air yang sebanyak 68%,  gula 25%, protien 2%, lemak dan minyak 1%, dan serat seluosa 1%.
          2. Mangga
                   Buah mangga menjadi buah yang mrakyat, karena tidak ada satupun penyakit yang memiliki pantanagan untuk mengkonsumsinya. mangga memiliki beberapa jenis, yang paling sering di gemari adalah mangga manalagi dan mangga madu.
                Kandungan dalam buah mangga antara lain karbonhidrat, gula, diet, serat, lemak dan protien. Selain itu mangga juga mengandung beberapa vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, magnesium, besi kalsium dan kalium. Mangga juga mengandung phenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.
          3. Jambu Biji
                 Buah jambu biji memang banyak manfaatnya. Secara spesifik, apa sajakah manfaat yang terkandung dalam jambu biji? buah yang memiliki batang kuat ini sangat kaya dengan vitamin C (lebih tinggi dari kiwi dan jeruk).
                 Kandungan gizi dalam 200 gram buah jambu biji memiliki kalori 58 kkal; vitamin A50 mg; vitamin B 0,04 mg; vitamin C 147 mg; kalsium 28 mg; hidrat arang 24,4 gram;dan fofsor 56 mg. Selain itu mengandung zat besi 2,2 ,g; protien 1,8 mg; lemak 0,6 gram; air 172 gram; serat larut 10,8 gram; senyawa antioksidan polifenolik, flavonoid, dan zat lokopen.
            4. Anggur
                    Anggur, si buah hitam atau merah dan hijau yang harganya cukup mahal. Di perdesaan, mungkin kita akan melihat orang menanam anggur, tetapi akan sangat sulit berbuah karena perawatannya yang sulit.
                     Kandungan buah anggur adalah memiliki vitamin A, B, C, E dan K. Tidak hanya daging anggur, bijinya pun menghasilkan manfat bagi kesehatan. Biji yang mengandung pycnogenol dan penguat kalogen untuk pelenturan pembuluh darah, sehingga tidak terjadi penyempitan. Kulit buah anggur mengandung resveratrol dapat mencegah kanker. Selain itu mengandung senyawa lain yaitu karotenoid dan likopen. Kedua senyawa tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh, juga melindungi dari radikal bebes.
           5. Stroberi
                   Buah ini banyak di sukai oleh banyak orang. Selain buahnya yang mengandung banyak air, stroberi juga memiliki warna yang menarik. Dulu, stroberi dianggap sebagai bagian dari jenis obat-obatan.
                  kandungan stroberi dalam 200 gram adalah 184 gram air; 60kkal energi; 1,2 protien; 0,8 gram lemak; 14 gram karbonhidrat;  gram serat; 28 mg kalsium; 0,8 mg zat besi; 20 mg magnesium; 38 mg fofsor; 332 mg kalium; 2 mg natrium; dan 113,4 mg vitamin C
    
  D. Detoksifikasi  dengan Sayur
             1. Buncis
                     Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang mirip dengan kacang (jika panjang) dan mirip dengan kapri (jika pendek).
                     Kandungan buncis dalam 200 gram mengandung 68 kkal energi; 4,8 gran protien; 0,6 gram lemak; 14,4 gram karbonhidrat; 202 mg kalsium; 3,8 gram serat; 84 mg fosfor; 1,4 mg zat besi; 16 mg natrium; 500 mg kalium; 550 mg vitamin A, 0,01 mg vitamin B1, dan 22 mg vitmin C.
            2. Kangkung
                     Kamgkung merupakan salah satu jenis tanaman yang seluruh permukaanya hijau. Habitat kangkung ada dua, kangkung yang hidup menjalar di air atau tanah yang basah, dan kangkuang yang hidup dengan cara di tanam di tanah.
                    kandungan gizi kangkung 200 gram, yakni 56 kkal energi; 6,8 gram protien; 1,4 gram lemak; 7,8 gram KH; 4 gram serat; 2 gram abu; 134 mg kalsium; 4,6 mg besi;14 mg natrium; 108 mg fofsor; 0,14 mg vitamin A; vitamin B1; 0,72 mg vitamin B2; 4 mg vitamin B6 dan 34 mg vitamin C
            3. Tomat
                    Tomat memiliki ana yang menarik, yaitu merah dan sedikit transpsrant karena hanya memiliki kulit yang tipis. tomat mengandung banyak air 93% pada tomat hijau dan 94% pada tomat merah, sehingga banyak orang mengkatagorikan tomat sebagi bagiandari buah-buahan.
                  Kandungan yang terdapat pada tomat merah adalah 0,4% lemak; 1,8 gram protien; 8,6 gram KH; 1,6 gram serat; 1 gram zat besi; 14 mg kalsium; 46 mg fofsor; 16 mg sodium; 417 mg potasium; 0,12 mg thiamin; 0,1 mg riboflavin; 1,2 mg nasin; 35,2 mg asam askorbat; 0,1 mg vitamin B; dan 38 kkal energi.
           4. Jagung Manis 
                    Jagung manis. Siapa yang tidak suka jenis sayuran ini? beberapa orang mungkin mengira bahwa jagung termasuk ke dalam jenis buah-buahan karena jagung identik di konsumsi dengan di bakar atau di rebus.
                  Kandunag gizi jagung manis per 200 gram, yakni 192 kkal energi; 7 gram protien; 2 gram lemak; 45,6 gram KH; 6 mg kalsium; 222 mg fofsor; 2,4 mg besi; 800 SI vitamin A; 0,3 mg vitamin B; 24 mg vitamin C; dan 145,4 garm air.
          5. Pare
                    Pare terkenal karena rasa pahit. Banyak oramg tidak suka jenis sayur ini di sebabkan rasanya yang pahit. 
                    Karena sayuran ini pahit tetapi masih saja ada orang yang mengkonsumsinya, tentu ada alasan yang di pertahankan. Alasan tersebut adalah kandungan gizi yang ada di dalam pare. Kandungan gizi setiap 200 gram pare terdiri atas 58 kkal energi; 2,2 gram protien; 0,6 gram lemak; 13,2 gram karbonhidrat; 90 mg kalsium; 128 mg fofsor; 2 mg zat besi; 360 IU vitamin A; 0,16 mg vitamin B

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *