Sumber -Sumber Rradiasi Radioaktif

Sumber – Sumber Radiasi Dan Radioaktif

Assalamualaikum wr. Wb.

Untuk kali ini kita akan membahas tentang sumber radiasi dan pengelolaan radioaktif. Nha sebelum masuk materi ,kita sudah biasa mendengar kata radiasi bukan ??? biasana kalau kita membicarkan radiasi biasanya radiasi karena matahari. Ya kan ,kawan ?? Nha sebetulnya radiasi itu tidak hanya dari matahari saja lhooohh, tapi dari banyak hal.

Untuk lebih jelasnya mari budayakan dengan membaca, nha pengertian radiasi yang sebenarnya adalah Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik atau cahaya (foton) dari sumber radiasi. Lalu foton sendiri adalah partikel elementer dalam fenomena elektromagnetik. Biasanya foton dianggap sbagai pembawa radiasi elektromagnetik seperti cahaya,gelombang radio,dan sinar X.ini salah satu radiasi yang ada dalam kehidupan sehari -hari. Sedangkan di dalam lapisan bumi ada juga yang berpotensi memancarkan radiasi juga yaitu uranium dan thorium di dalam lapisan bumi, karbon dan radon di udara serta tritium dan deuterium yang ada di dalam air.

Secara garis besar radiasi digolongkan kedalam radiasi pengion dan radiasi non-pengion.

  1. a) Radiasi pengion adalah jenis radiasi yang dapat menyebabkan proses ionisasi (terbentuknya ion positif dan ion negatif) apabila berinteraksi dengan materi. Partikel alpha, partikel beta, sinar gamma, sinar-X, dan neutron termasuk radiasi pengion. masing-masing memiliki daya tembus dan pengionan yang berbeda. Radiasi gamma, sinar-X, dan neutron memiliki daya tembus sangat kuat namun daya pengionannya lemah, sementara radiasi alfa dan beta memiliki daya tembus lemah namun memilki daya pengionannya kuat.
  2. b) Radiasi Non-Pengion Radiasi non-pengion adalah jenis radiasi yang tidak akan menyebabkan efek ionisasi apabila berinteraksi dengan materi. Yang termasuk dalam jenis radiasi non-pengion antara lain adalah gelombang radio (yang membawa informasi dan hiburan melalui radio dan televisi), gelombang mikro (yang digunakan dalam microwave oven dan transmisi seluler handphone), sinar inframerah (yang memberikan energi dalam bentuk panas), cahaya tampak (yang biasa terlihat), sinar ultraviolet (yang diipancarkan matahari).

Lalu sumber – sumber radiasi tadi berasal dari mana? Menurut laporan UNSCEAR (2000), penduduk dunia menerima dosis radiasi efektif tahunan rata- rata sebesar 2,8 mSv yang berasal dari radiasi alamiah 2,4 mSv dan dari sumber radiasi buatan 0,4 mSv.

Dari banyaknya radiasi tersebut timbul efek apakah untuk tubuh kita ? efek dari radiasi terdebut dibagi menjadi 2 yaitu efek internal dan efek eksternal.Bahaya radiasi eksternal berasal dari sumber radiasi yang terletak diluar tubuh manusia, Energinya berasal dari radiasi pengion yaitu sumber energinya besar ,panjang gelombangnya pendek .Bahaya radiasi eksternal dapat diakibatkan oleh paparan radiasi beta, sinar-X, sinar gamma, dan neutron yang semuanya dapat menembus organ tubuh sehingga menimbulkan kerontokan rambut. Sedangkan Bahaya radiasi internal adalah radiasi yang berasal dari radioisotop yang masuk (dimasukkan) ke dalam tubuh, jadi sumbernya dari dalam tubuh energinya berasal dari radiasi non pengion yaitu energinya kecil panjang gelombangnya panjang. Radiasi internal terjadi, apabila tubuh manusia terkontaminasi dengan radioisotop baik kontaminasi pada bagian dalam tubuh ataupun permukaan tubuh manusia. Potensi bahaya radiasi internal berasal dari sumber terbuka yaitu sumber yang tidak terbungkus dan dalam kondisi normal dapat menyebabkan kontaminasi, misalnya, zat radioaktif berbentuk bubuk, cairan atau gas.

Sangat berbahaya sekali ternyata efek dari radiasi ini,maka dari itu kita wajib berhati -hati dan ALLAH SWT sudah berfirman dalam surah an- nahkl 16:81 yang berbunyi “Dan Allah telah jadikan untuk kamu apa-apa dari dzilaan yang telah dia ciptakan.dan dia jadikan untuk kamu ( bahn -bhan) penutupan (perlindungan dan keselamatan ) dan dia jadikan untuk kamu pakaian untuk memelihara dari kepanasan ((tenaga getaran ) dan pakaian untuk melindungi dari tenaga kekuasaan yang sangat hebat kamu (seperti pencemaran radiasi yang dilakukan oleh manusia ) demikian itu dia telah sempurnakan nikmatnya ke atas kamu semoga kamu menyerah diri.”

Setelah membaca ini diharapkan kita semua harus tambah bersyukur karena ALLAH sudah mengingatkan kita dalam segala hal, dan ALLAH juga sudah memberikan segala yang dibutuhkan untuk umatnya. Wassalamualaiku wr.wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *